Haramnya Dzolim [Hadits ke-24 Arba’un An Nawawiyyah]

Bismillah

Artinya:

Dari Abu Dzar Al-Ghifari radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau meriwayatkan dari Allah ‘azza wa Jalla, sesungguhnya Allah telah berfirman: “Wahai hamba-Ku, sesungguhnya Aku mengharamkan (berlaku) zhalim atas diri-Ku dan Aku menjadikannya di antaramu haram, maka janganlah kamu saling menzhalimi. Wahai hamba-Ku, kamu semua sesat kecuali orang yang telah Kami beri petunjuk, maka hendaklah kamu minta petunjuk kepada-Ku, pasti Aku memberinya. Kamu semua adalah orang yang lapar, kecuali orang yang Aku beri makan, maka hendaklah kamu minta makan kepada-Ku, pasti Aku memberinya. Wahai hamba-Ku, kamu semua asalnya telanjang, kecuali yang telah Aku beri pakaian, maka hendaklah kamu minta pakaian kepada-Ku, pasti Aku memberinya. Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kamu melakukan perbuatan dosa di waktu siang dan malam, dan Aku mengampuni dosa-dosa itu semuanya, maka mintalah ampun kepada-Ku , pasti Aku mengampuni kamu. Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kamu tidak akan dapat membinasakan Aku dan kamu tak akan dapat memberikan manfaat kepada Aku. Wahai hamba-Ku, kalau orang-orang terdahulu dan yang terakhir diantaramu, sekalian manusia dan jin, mereka itu bertaqwa seperti orang yang paling bertaqwa di antaramu, tidak akan menambah kekuasaan-Ku sedikit pun, jika orang-orang yang terdahulu dan yang terakhir di antaramu, sekalian manusia dan jin, mereka itu berhati jahat seperti orang yang paling jahat di antara kamu, tidak akan mengurangi kekuasaan-Ku sedikit pun juga. Wahai hamba-Ku, jika orang-orang terdahulu dan yang terakhir di antaramu, sekalian manusia dan jin yang tinggal di bumi ini meminta kepada-Ku, lalu Aku memenuhi seluruh permintaan mereka, tidaklah hal itu mengurangi apa yang ada pada-Ku, kecuali sebagaimana sebatang jarum yang dimasukkan ke laut. Wahai hamba-Ku, sesungguhnya itu semua adalah amal perbuatanmu. Aku catat semuanya untukmu, kemudian Kami membalasnya. Maka barang siapa yang mendapatkan kebaikan, hendaklah bersyukur kepada Allah dan barang siapa mendapatkan selain dari itu, maka janganlah sekali-kali ia menyalahkan kecuali dirinya sendiri”.

[HR. Muslim no. 2577]

Beberapa faedah dari hadits ini diantaranya:

  1. Haramnya berbuat dzolim
  2. Menjelaskan agar seseorang meminta hidayah dan kebutuhan kepada Allah ‘Azza wa jall.
  3. Ditetapkannya sebagian sifat Allah, yakni Maha Kaya, sehingga tidak butuh akan makhluq-Nya.
  4. Pentingnya adab.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak rekaman kajian pembahasan Hadits Ke-24 dari Arba’un An NAwawiyyah, bersama Al Ustadz Abu Nafi’ Sukadi:

http://statics.ilmoe.com/kajian/users/alklateniy/Kajian%20Rutin/arbain_an_nawawiyah/20110216-Hadits_keduapuluhempat.mp3%20

Download | mp3| 4.2 MB

Barakallahu fiikum jami’an….

عن َأبِي ذَر الْغِفَارِي رضِي اللهُ عنه، عنِ النبِي صلَّ الله علَيهِ وسلَّم فِيما يروِيهِ عن ربهِ عز وجلَّ َأنه قَالَ :
ياعِبادِي إِ ني حرمت الظُّلْم علَى نفْسِي وجعلْته بينكُم 
محرما فَلاَ تظَاَلموا. ياعِبادِي كُلُّكُم ضالٌّ إِلاَّ م  ن
هديته، فَاستهدونِي َأهدِكُم ياعِبادِي كُلُّكُم جائِع إِلا من َاطْعمته، فَاستطْعِمونِي ُأطْعِمكُم. ياعِبادِي كُلُّكُم 
عارٍ إِلاَّ من كَسوته، فَاستكْسو نِي َأكْسكُم. ياعِبادِ  ي
إِنكُم تخطُِئونَ بِاللَّيلِ والنها رِ، وَأنا َأغْفِرالذُّ نوب 
جمِيعافَاستغفِرونِي َأغْفِرَلكُم ياعِبادِي إِنكُم َل  ن
تبلُغواضري فَتضرونِي، وَلن تبلُغوا نفْعِي فَتبفَعو نِي.
ياعِبادِي َلوَأنَّ َأوَلكُم وآخِركُم وإِنسكُم وجِنكُم كَانو ا
علَ َأتقَى قَلْبِ رجلٍ واحِدٍ مِنكُم مازادذلِٰك فِي ملْكِي 
شيًئا. ياعِبادِي َلوَأنَّ َأوَلكُم وآخِركُم وإِنسكُم وجِنكُ 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: